Take Down – Movie Review

Posted: March 8, 2009 in Materi Kuliah, Pengantar Teknik Informatika

Film ini bercerita tentang kisah nyata seorang hacker yang ‘jahat’ , atau lebih tepatnya disebut sebagai cracker. Diilhami oleh kisah nyata seorang cracker melawan hacker, di film ini diceritakan tentang Kevin Mitnick melawan Shimamura. Kevin mitnick adalah seorang cracker handal yang selalu berhasil menyusup kedalam situs/sistem yang dia inginkan. Suatu hari dia berhasil menyusup ke dalam system SAS, sebuah system milik agen pemerintah. Keberhasilannya membuat berang pemerintah yang semakin ingin menangkapnya. Hingga suatu hari dia bertemu shimamura, seorang hacker/ ahli keamanan jaringan,ketika dia bermaksud membongkar suatu system yang dikembangkan shimamura. Pertarungan mereka juga melibatkan FBI yang berhasrat untuk menangkap mitnick atas berbagai perbuatan criminal yang telah dia lakukan. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita dapat dari film ini diantaranya:

1. Dalam dunia IT kita juga mempunyai etika profesi yang harus dipegang teguh, diantaranya kita tidak boleh menyusup kedalam computer atau system orang lain tanpa persetujuan dari orang tersebut. Contoh lainnya, Seorang hacker tidak boleh melakukan sesuatu diluar dari tugasnya.

2. Di zaman sekarang IT memegang peranan yang amat besar dalam kehidupan kita. Mulai dari kita bangun tidur hingga kita tidur kembali selalu ada unsur IT didalamnya.

3. Terdapat perbedaan yang besar antara hacker dan cracker. Kita sering mengidentikan hacker sebagai seorang criminal. Padahal hacker adalah adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan. Sedangkan seorang programmer yang sering meyusup ke program orang lain serta melakukan perbuatan criminal adalah Cracker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s