Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan Saat Mudik Lebaran

Posted: September 21, 2010 in Umum
Tags: , , , , ,

Minggu (5/9) saya melakukan perjalanan mudik dari Bandung ke Medan. Banyak cara yang harus saya lalui untuk melakukan perjalanan tersebut. Pertama,mulai perjalanan dari Bandung ke Jakarta menggunakanan Bis Umum, kemudian kedua dilanjutkan penerbangan dari Jakarta menuju Medan, dan terakhir perjalanan dari kota Medan ke kampung halaman. sekitar 3 jam lagi dari kota Medan. Tidak ada gangguan maupun hambatan yang serius yang saya alami saat perjalanan tersebut, hanya saja ada beberapa tantangan yang harus saya lalui ketika sebelum keberangkatan. Pemilihan jadwal yang tepat harus saya lakukan sebelum keberangkatan agar ketiga perjalanan tersebut dapat berjalan sesuai rencana yang diinginkan.

Pemilihan jadwal keberangkatan bis dari Bandung ke Bandara Soekarno Hatta yang paling sulit dilakukan. Dalam waktu normal perjalanan Bandung-Jakarta sekitar 2-3 jam. Tapi, mengingat seberapa besar kemacetan yang akan saya hadapi agar tidak telat sampai bandara saya harus mengambil waktu 6-7 jam sebelum penerbangan saya harus sudah berangkat dari Bandung. Itu salah satu tantangan yang saya hadapi.

Ancaman yang saya hadapi salah satunya adalah meletusnya Gunung Sinabung di Sumatera Utara, yang dapat mengganggu penerbangan saat penerbangan Jakarta-Medan. Sepanjang penerbangan awak kabin mengharuskan penumpang tetap memakai sabuk pengaman karena cuaca diudara sangat buruk saat itu. Beberapa kali pesawat terguncang saat melewati daerah yang berawan tebal. Pada saat sebelum pendaratan pesawat juga mengalami delay landing sekitar 15 menit diudara karena padatnya Air Trafict. Sekitar 15 menit itu pesawat harus berputar mengintari Gunung Sinabung yang pada saat itu sedang meletus. Dengan upaya pilot pesawat yang luar biasa akhirnya saya bisa sampai dengan selamat di kota Medan.

Berbeda dengan perjalanan saat mudik balik Medan-Bandung. Banyak sekali Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan yang saya hadapi. Mulai dari Perjalanan dari kampung halaman ke bandara di kota medan, saya mengalami kemacetan yang luar biasa hampir 1 jam mobil tidak bergerak dikarenakan terjadi kecelakaan 2 km didepan mobil saya. Untung saja penerbangan Medan-Jakarta yang saya ambil saat keesokan harinya, jadi tidak mengalami keterlambatan checkin.

Hambatan dan ganguan lain saya hadapi saat sebelum penerbangan. Penerbangan pesawat mengalami delay sekitar 4,5 jam karena terjadi kerusakan pada Indikator Muatan Pesawat yang tidak dapat bekerja dengan baik. Sekitar 4,5 jam itu para penumpang terlantar di Bandara Polonia Medan. Tapi karena pelayanan dari maskapai penerbangan sangat baik, sehingga tidak terjadi keributan antara penumpang dengan pihak maskapai.

Ancaman lain saya hadapi saat sepanjang penerbangan, tiba-tiba pilot pesawat mengharuskan penumpang dan awak kabin memakai sabuk pengaman karena Indikator Muatan Pesawat lagi-lagi tidak dapat bekerja dengan baik. Untung saja hal itu tidak mengganggu penerbangan, dan akhirnya saya sampai dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta pada hari Minggu sore (19/9). Dan kemudian saya lanjutkan perjalanan Jakarta-Bandung yang berjalan dengan lancar.

Nb : Tugas KWN

Comments

Leave a Reply

